Tuesday, July 23, 2019

GOWES SENBARA9

Kegiatan gowes saya kali ini tidak berkolaborasi dengan rekan komunitas biker08, kami berpartisipasi pada event offroad FUN bike SENBARA (Sepeda Lintas Wisata Blitar Raya), yang pada edisi ke-9 tahun 2019 bertajuk GILAS (Gowes Lintas Alas Blitar Selatan). Saya bersama tetangga sekitar tempat tinggal yang pada awalnya berlima akan mengikuti kegiatan funbike tersebut, namun sayang satu orang membatalkan keikutsertaan pada hari keberangkatan, beruntung ada satu rekan anggota komunitas biker08 yang menggantikannya.

Event Senbara#9 dihelat pada Minggu 21 Juli 2019, dengan lokasi start-finish di Terminal Patria kota Blitar, dengan waktu start jam 06.00. Karena kami domisili di Malang, maka kami berangkat dari Malang pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019 dan menginap di rumah sepupu di Desa Gandusari kec. Talun, yang letaknya cukup jauh, yaitu kurang lebih 15 km dari lokasi event. Kami tiba kira2 jam 20.00, dan karena waktu makan sudah lewat terlampau panjang dan rasa lapar juga sudah sampai ubun2, kamipun langsung santap olahan menthok pedas yang memang sudah dipersiapkan untuk kami. Setelah puas bersantap dan hilang rasa lapar, kamipun ngobrol bersama tuan rumah sambil menikmati suasana desa di malam hari, akhirnya jam 23.00 kami bubar untuk menghimpun tenaga buat keesokan hari.

Jam 05.30 kami berangkat menuju kantor Telkom Blitar untuk parkir kendaraan, selanjutnya sepeda kami gowes menuju lokasi start yang berjarak kurang lebih 3 km, tiba dilokasi start jam 6.30 kami dapati sebagian peserta masih melakukan senam bersama. Kira2 jam 07.00 dilakukan pemberangkatan, estimasi saya jumlah peserta tidak lebih dari 500 goweser. Kami menyusur jalan Kenari kearah selatan, kemudian masuk jalan kecil pertanian menuju jembatan Trisula Blitar, selanjutnya kami menuju Gunung Betet melalui jalan kampung, pinggiran sawah, juga menyusuri sungai, sampai disini jalan relatif datar dengan pemandangan yang lumayan menghibur. Etape menuju pos pertama ditengah hutan jati sebelum puncak Gunung betet, beberapa bagian naik dan turun cukup terjal, dan mendekati puncak Gunung Betet slope-nya sangat tajam, sehingga semua peserta tiada terkecuali akhirnya menggandeng tunggangannya masing-masing berjalan menuju puncak. Perlu diketahui juga bahwa sebagain besar jalan ditengah hutan jati adalah single track, sehingga seringkali ada antrian panjang jika melalui medan yang agak extreeme. Hutan jati dimusim kemarau akan terlihat sangat gersang karena daunnya digugurkan untuk melakukan hibernasi. Saat menuruni Gunung Betet, terdapat jalan menurun extreeme diselingi bebatuan, yang sebetulnya bisa untuk uji nyali bagi yang senang mengambil resiko, namun karena level biking peserta tidak sama, akhirnya kesempatan itupun sirna disebabkan antrian orang menggandeng sepeda sangat panjang. Rute selanjutnya adalah menuju Bendungan Serut/ PLTA Lodoyo, pada tahap ini terdapat jalan setapak menyusur sungai sepanjang kira-kira 1.500 m, saya tidak tahu apa nama sungai tersebut, namun jika dirunut sungai ini berakhir di bendungan Karangkates. Dari Bendungan Serut menuju lokasi finish melalui jalan aspal kampung dan jalan kotamadya yang kondisinya mulus dan datar, hanya panas yang cukup mengganggu disisa-sisa tenaga yang masih ada. Dan akhirnya sampailah kami dilokasi finish sebelum jam 11.00.

Dari record amazfit saya, ringkasan rute gowes adalah sebagai berikut, Total jarak tempuh 25.5 Km, Durasi waktu gowes start-finish sepanjang 2 jam 52 menit, komposisi slope seluruh track gowes berdasarkan riding period adalah uphill=21%, flat=70%, downhill=9%. Dan menurut saya pribadi penyelenggaraan event ini relatif bagus, dari skala 10 saya bisa beri angka 8.5. Beberapa hal berikut sebagai alasannya, 1. Track yang lumayan menantang namun masih bisa diatasi goweser pemula, 2. Durasi dan Jarak gowes yang pas sehingga selesai sebelum waktu sholat Dhuhur, 3. Rambu petunjuk rute jelas, 4. penempatan pos istirahat yang tepat, 5. Setiap persimpangan jalan ada pengatur lalu lintas, sehingga goweser aman dari terjadinya kecelakaan, 6. Biaya relatif murah (dapat jersey bagus + snack pagi dan makan siang). Salut buat penyelenggara yang bisa mengadakan event ini sampai sembilan kali.

Demikian sobat gowes sharing kali ini dan semoga bermanfaat, dan akhirnya