Saturday, December 14, 2019

MENDEK BIKE PARK


MENDEK BIKE PARK

Ternyata di Lawang ada semacam Track Tutur-Welang, meskipun tidak sepanjang TW bikepark namun ke-seruan-an offroad-nya gak kalah sama TW, bahkan disana terdapat 2 jalur yang berbeda, dengan level of difficulty yang berbeda pula, kalau menurut ukuran “ketangkasan” saya bisa digolongkan pada level Moderate dan Technical (curam dan banyak drop-off).

Sedikit mengupas Track Mendek Offroad, track ini sebagian besar adalah jalan setapak di areal ladang penduduk yg digunakan untuk akses ke ladang maupun bagi peternak yang mencari rumput. Ada satu ruas yang panjangnya kira-kira 100an meter yang diatasnya bertebaran bongkahan batu besar kecil yang cukup menyulitkan bagi para bikers untuk manaklukkannya, tentunya dengan kecepatan cukup, bukannya pelan2, saya pribadi lebih suka menyebut ruas ini sebagai “Rock Garden”. Kemudian adalagi track didalam hutan pinus yang cukup rimbun namun tidak panjang. Secara keseluruhan Track ini saya kasih Bintang 3, cukup FUN bagi goweser seperti saya ini, skill pas2an dan umur sudah cukup kadaluwarsa, tapi semangat masih Sweet Seventeen,.........wakakakak. Kalaupun ada nilai minus Track ini adalah, tentang panjangnya yang tidak lebih dari 5 km, kalau diukur dari waktu gowes, hanya butuh sekitar 30 menit untuk menyelesaikannya, satu lagi kalau masih boleh menyebut kekurangannya adalah jalur loading yang cukup panjang memutar sepanjang hampir 14km, jika mau 2-3 kali gowes.

Bonusnya, ada satu lagi track Mendek bikepark dengan level “Technical”. Bikepark ini belum sepenuhnya jadi saat kami jejaki, masih dalam proses penyelesaian. Medannya cukup lengkap, ada turunan curam, ada bumpy, ada drop, ada berem, semua tracknya jalur cepat, track buatan ini mungkin tidak lebih dari 1km, selepas itu dilanjut single track menurun sepanjang kurang lebih 2km berakhir di peternakan ayam potong. Perlu skill yang cukup dan satu lagi keberanian dan “kenekatan” untuk goweser level saya untuk mencoba track ini.

Kebetulan saya berkawan baik dengan mas David dari komunitas gowes Lawang, yang merupakan salah satu perintis pembukaan track tersebut. Dan pada Sabtu 14 Desember 2019, dia bersedia menjadi marshall kami untuk mencoba Track tersebut, berlima saya pak We, Ari “Pace” Wongkar, pak Paryono alias mBah No, mas Insan, ditambah marshall. Dari Malang kami berangkat sekitar jam 6.30, menuju titik start di Warung Ringin. Tepat 07.35 kayuhan pedal sepeda mulai diputar, sekitar 1.8 km dari warung Ringin menuju medan offroad adalah jalan asphalt desa. Untuk menyelesaikan track ini hampir tidak membelanjakan energy sama sekali selama kurang lebih setengah jam, hal ini dapat dilihat dari hasil bacaan Amazfit saya yg cuma 463 Calory Burned, yang bekerja keras adalah lengan dalam mengendalikan handlebar sepeda, dan Jantung khususnya saat me-manage tingkat ketegangan, karena bpm saya mencapai 182. Final oppinion saya untuk track ini adalah JEMPOL 3, dan harus sering2 balik sini.

Sedikit Tips, adalah jangan meninggalkan safety outware untuk gowes di track ini, helm, knee & elbow protector, minimal pakai sepatu outdoor yg tidak licin, Glove kalau ada type full, kacamata sport dan terakhir sepedanya spec AM yang dalam kondisi siap tempur. Perlu sahabat goweser ketahui bahwa rekan kami mas Insan dan mBah No beberapa kali harus berjibaku koprol dan beradu badan melawan batang pohon, karena medannya sangat sulit, sedangkan energy “kenekatannya” berlebihan, maka dari itu Safety Outware sangatlah penting untuk melakukan Riding AM seperti itu.

Satu lagi pesan bagi sahabat gowes yang sudah pada level “komersial”, saran saya sebelum membawa tamu ke area tersebut sebaiknya melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan komunitas gowes Lawang yang sudah merintis keberadaannya, setidaknya tidak semena-mena mengambil keuntungan dari jerih payah orang lain, sebagai rasa hormat kita, kecuali mungkin untuk gowes pribadi.

Akan sangat membahagiakan apabila tulisan ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya sahabat gowes, bisa menjadi referensi untuk beraktifitas gowes sehat, rekreasi dan olah raga.

Akhirnya salam 2rodaMTB.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut