Adalah perbandingan antara gigi crank dengan gigi sprocket. Sepeda yang memiliki 3 crank dan 9 sprocket akan menghasilkan 27 gear ratio atau goweser lebih umum menyebut 27 speed. Sebagai contoh apabila kita memasang kombinasi crank #3 (gigi terbesar 44) dan sprocket #9 (gigi terkecil 11), maka akan menghasilkan gear ratio 4x, yang artinya satu kali kita mengayuh satu putaran akan menghasilkan 4 kali putaran roda. Dan apabila kita memasang kombinasi crank #1 (gigi terkecil 22) dan sprocket #1 (gigi terbesar 32), maka akan menghasilkan gear ratio 0.7x, yang artinya satu kali kita mengayuh satu putaran akan menghasilkan 0.7 kali putaran roda.
Bagaimana sahabat gowes, sudah jelas kan... So,...goweser harus pandai-pandai mengatur kombinasi besar gear depan-belakang saat melahap track tanjakan, datar ataupun turunan, untuk mempertahankan kekuatan saat tanjakan, mendapatakan speed yang diinginkan saat jalanan flat, atapun mencapai max speed sesegera mungkin saat turunan. Semoga bermanfaat...
Counting Speed
Setelah kita mengenal Gear Ratio, mari kita menghitung berapa sebenarnya speed yang kita punya seandainya kita mempunyai sepeda MTB crank 3sp (11T-22…Read More
Tentang Sepeda
Bicara tentang
sepeda, tidak afdol jika tidak diawali dengan sejarah bagaimana lahirnya alat
transportasi ini. Konon, orang Perancis sudah mengenal …Read More
Tooth Capacity
Type Rear Deraileiur (RD) ada 3 macam :
1. Short Type
2. Medium Type
3. Long Type
masing2 memiliki kemampuan yang ditunjukkan dengan angka Tooth …Read More
Gear RatioAdalah perbandingan antara gigi crank dengan gigi sprocket.Sepeda yang memiliki 3 crank dan 9 sprocket akan menghasilkan 27 gear ratio atau goweser le…Read More
Fitting RD
Ada
3 jenis RD, Short Cage, Medium Cage, Long Cage (kode untuk Shimano SS, GS,
SGS).
Jenis
Short Cage biasanya untuk ROAD BIKE, karena rentang perp…Read More
Gowes adalah kegiatan favorite saya, manfaat utama adalah sehat, juga menjadi sarana refreshing penghilang kepenatan, dan bonusnya adalah bisa silaturahmi dengan banyak orang, khususnya sahabat gowes...
Cukup banyak database rute gowes area Malang – Batu yang sdh kami jejaki, dengan macam2 jenis track-nya, dari aspal mulus sampai makadam rusak, mendaki maupun yang menurun, jalan kampung – sawah – hutan pegunungan dengan segala variasi-nya...
Nah, bagi sobat gowes luar Malang yang belum pernah merasakan sensasi track AREMA, boleh kontak saya, jika waktunya pas Insyaa Allah siap menjadi guide bersama rekans komunitas biker08...
I'm an Engineer, working for state telecommunications company...
Almost all of my education were taken in Malang, but I took my master degree in Northeastern University Boston - Massachuset...
"Always keep your track in the right path, Be Honest, then you are a Free Man"...
0 comments:
Post a Comment