Tuesday, October 30, 2018

Gowes Taman Safari

Pagi hari yang cerah, Sabtu 27 Oktober 2018, jam 06.05, kami ber-tujuh (sementara 2 anggota sdh menunggu di lokasi start) bersiap loading sepeda untuk jelajah Songsong - Wonosari Tea Plantation - Taman Safari Prigen. Sekitar 7.30 waktu Songsong bike tracking diawali di ketinggian 633 m dpl menyusur jalan aspal mulus sampai wisata kebun teh wonosari pada ketinggian 900 an meter dpl, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pada tahap ini kami bertemu dengan rombongan gowes RB dalam jumlah banyak, dan tak sedikit dari mereka adalah kaum hawa. Sampai disini etape awal dilalui dengan mulus dengan interval di warung tradisional dekat kolam renang, dengan seruput teh Rolas yang diseduh dengan air dari mata air wonosari yang membuat cita rasa teh menjadi sempurna. 


Etape berikutnya adalah bike Off Road, dengan menyusur jalan kebun yang biasanya dilalui truck pengangkut daun teh hasil petik. Sejauh mata memandang hamparan tanaman teh yang begitu indah menyejukkan mata dengan latar belakang Gunung Arjuna menjualang di sebelah barat. Tak mau melewatkan moment yang indah ini, tanpa dikomando masing2 berhenti untuk berpose cetak digital dari HP-nya mbah Soet, karena selain HP-nya mbah Soet paling bagus, yang punya HP sangat ringan tangan untuk ambil gambar, meskipun diakhir sesi photo selalu minta foto sendiri (Ha33x…). Setelah melalui jalan berbatu dan berdebu yang membelah kebun teh yang terhampar di lahan seluas lebih dari 1.100 ha, tak lama kemudian kami pun melewati Pos Afdeling Gebug Lor. Rute berlanjut dengan hutan kecil, ladang kopi yang kondisinya kurang bagus karena hujan yang tak kunjung datang membasahi. Ditengah ladang yang kering kerontang roda sepeda mbah No tiba2 kempis, dengan sigap David anggota biker08 paling muda segera menukarnya dengan ban dalam baru. Sejurus kemudian saya berdua dengan p.Mar anggota paling senior yang terhenti cukup lama karena mengalami kram paha datang menghampiri rombongan yang sudah lebih dahulu. Sambil beristirahat kami nikmati snack bekal kami dan sebatang cigarette kretek mild. Tak lama kemudian kami susuri aspal pendek untuk kemudian masuk lagi jalur offroad, namun sebelum itu p.Mar mengalami kram yang cukup parah, sementar rombongan sudah melanjutkan perjalanan. Kami berdua terpaksa istirahat di teras rumah penduduk, sambil saya cari es batu untuk kompres, ibu pemilik rumah yang baik hati itu datang membawa teko plastic berisi teh panas dengan 2 gelas kosong. Tahapan ini diakhiri di hutan pinus yang teduh, dan disini kita beristirahat cukup lama, melepas Lelah sambil cetak gambar digital yang tidak ada putusnya seperti lembar seluloid jaman baheula.



Etape berikutnya adalah mengelilingi areal taman safari dengan menyusuri pinggir pagar pembatas area Taman Safari Indonesia II. Sepanjang rute ini didominasi oleh hutan tanaman pinus produktif yang nampak disana sini terdapat kaleng sadapan yang menempel dipohon. Track offroad ini berakhir di samping pintu masuk ticketing Taman Safari. Selanjutnya roda sepeda dimanja oleh jalan aspal mulus yang menukik dari ketinggian 750-an meter dpl menuju 265 m dpl, kami berpacu dengan nyali untuk menaklukkan decline track tersebut dengan speed mencapai 72 km/jam dan berakhir di resto Kemangi yang terletak disamping pintu masuk utama Taman Safari.



Setelah sekitar 5 jam gowes dengan jarak tempuh 28.3 km, kami akhiri dengan santap siang bersama, sebelumnya tentu bersih2 badan terlebih dahulu, dan menunaikan sholat dhuhur. Rasa penat yang masih menempel kuat di otot, dan rasa sakit yang masih membekas akibat kram, terbayar lunas dengan experience sepanjang perjalanan, dan senda gurau ala biker08. Terima kasih nDan Mayur, den Hugup, Pace, mBah Soet, David, mBah No, pak Mar, mas Fuad, juga 2 driver kami lik Huri dan mas Arif. Demikian sobat gowes, cerita yang bisa kita bagi kali ini, salam 2rodaMTB.




0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut