Friday, October 26, 2018

Fitting RD

Ada 3 jenis RD, Short Cage, Medium Cage, Long Cage (kode untuk Shimano SS, GS, SGS).
Jenis Short Cage biasanya untuk ROAD BIKE, karena rentang perpindahan gigi tidak terlalu lebar, Crank 2sp 58T-39T, sprocket 25T s.d 11T.
Jenis Medium Cage dan Long Cage, biasanya digunakan untuk sepeda jenis MTB, karena memiliki rentang perpindahan gigi yang lebar, crank 3sp 44T-32T-22T, sprocket 32T s.d 11T.
Bisa dibayangkan kalau MTB menggunakan RD jenis pendek, maka pada saat gigi tertinggi pada crank dan sprocket, tegangan rantai akan sangat tinggi, sedangkan pada saat gigi terendah crank maupun sprocket, maka tegangan rantai akan sangat kendur sehingga mudah slip atau lepas pada saat perputar dan mendapatkan goncangan yang keras.
Maka sesuakan jenis RD dengan crankset dan sprocket yang kita gunakan, sehingga standart panjang pendeknya rantai sepeda bisa berfungsi dengan baik

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut