Sunday, August 16, 2020

BAGAIMANA MEMILIH TENDA PENDAKIAN


Camping adalah  “ACCESSORIES” dari banyak kegiatan OUTDOOR yang sering dilakukan, baik itu rekreasi alam bersama keluarga, jelajah alam bersepeda (Offroad MTB), touring motor ataupun kegiatan pendakian. Untuk itu perlengkapan yang wajib dimiliki adalah TENDA untuk berkemah, yang Type atau jenisnya untuk masing2 kegiatan outdoor tersebut pastilah berbeda. Kali ini saya mencoba mengulas bagaimana memilih jenis tenda yang sesuai dengan kegiatan outdoor kita. Meskipun saya sudah memiliki tenda yang lumayan bagus keluaran Great Outdoor, ternyata masih perlu tenda yang lain untuk kegiatan pendakian, karena tenda yang saya punya meskipun kokoh dan sangat nyaman untuk berkemah namun beratnya mencapai 10 Kg, jika tenda ini dibawa saat hiking, disamping penuh2-in keril juga sangat berat pastinya, dan tenda jenis ini cocoknya untuk rekreasi keluarga dimana bisa membuka kemah yang tidak jauh dari posisi parkir mobil kita.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih tenda untuk pendakian, yang pertama adalah tentu bobotnya, adalah jenis tenda ultra light yang sekarang sudah banyak tersedia dipasaran, untuk kapasitas 3 orang beratnya tidak sampai 3 kg, dan packing-nya juga tidak memakan tempat, sehingga tidak menyusahkan kita saat dibawa naik gunung. Terkait bobot dipengaruhi oleh faktor bahan, untuk frame serat karbon tentunya lebih ringan dibanding alumunium atau besi. Sedangkan semakin baik bahan flysheet (ketebalan bahan dan coating waterproof), juga akan semakin menambah bobot keseluruhan tenda. So bijak-bijaklah dalam memilih tenda untuk memenuhi kebutuhanmu.

Kebanyakan kain tenda menggunakan bahan dari Polyester atau Nylon yang dilapisi bahan tahan air. Sebenarnya ada satu lagi jenis bahan kain tenda yaitu dari serat karbon, namun demikian bahan ini jarang digunakan karena mahal. Kain tenda biasanya dinyatakan dalam ukuran 20D, 40D, 60D, dst, dimana huruf D adalah singkatan dari Denier atau ukuran berat serat benang sepanjang 9.000 meter ( 9.000 meter serat sutra beratnya 1 gram). Jadi untuk bahan yang sama semakin tinggi nilai D maka semakin kuat namun semakin berat.  Bahan kain tenda juga ada yang dinyatakan dalam 190T, 210T, dst, ini menyatakan thread count atau kerapatan benang, angka 190T menyatakan bahwa dalam 1 squre inch terdapat 190 helai benang. Maka pada bahan kain yang sama, semakin besar Denier (D), maka semakin kecil thread Count-nya (T). Agar kain tenda tidak tembus air, maka perlu diberikan lapisan anti air pada permukaannya. Bahan pelapis kain polyester adalah polyurethane (PU) sedangkan bahan pelapis kain nylon adalah silicone elastomer (silnylon). Perlu diketahui bahwa kebanyakan tenda berbahan kain dari nylon dengan pelapisnya Silicon lebih mahal dari pada tenda berbahan polyester + PU, tentunya dengan segala kelebihannya yang antara lain kain nylon lebih tahan abrasi dibanding polyester, sementara pelapis silicone (silnylon) lebih tahan air dibanding PU, bersifat elastis dan lebih stabil diberbagai kondisi UV dan temperatur, satu lagi keunggulan silnylon adalah licin, sehingga jika tertimpa salju akan lebih mudah meluncur turun, sehingga tidak sampai mengembun didalam tenda dan tidak membebani tenda. Ketahanan terhadap rembesan air dinyatakan dalam satuan “mm”, misalkan 3.000mm, 5.000mm, 10.000mm. Semakin tinggi nilai mm maka akan semakin kedap air, namun demikian dengan semakin tebal coating maka akan semakin berat dan kaku yang menyebabkan mudah robek, dan juga harus diperhitungkan kemampuan kain untuk bernafas agar tenda tidak panas, jadi bukan berarti tenda yang mempunyai rating mm semakin tinggi akan semakin baik. Sebagai gambaran, payung pada umumnya mempunyai nilai kedap air 400-an mm, namun sudah mampu melindungi diri kita agar tidak basah dari air hujan, sehingga pabrikan men-design tendanya dengan kemampuan kedap air tertentu  tentunya dengan pertimbangan yang sudah dipikirkan sesuai peruntukannya. Pada prinsipnya, untuk tenda pendakian design didasarkan pada 3 pertimbangan utama yaitu : Light Weight – Waterproff Scale – Tear Strength, dan tentunya plus faktor utama  dalam commerce yakni “HARGA”. Semoga sobat semua tidak menjadi bertambah bingung dengan penjelasan diatas, dengan harapan bahwa dalam berbagai kasus, semakin kita memahami persoalan yang dihadapi maka semakin tepat keputusan atau solusi yang kita buat, termasuk dalam hal membuat pilihan tenda.

Yang berikutnya adalah tentang “Features”, karena sesuai dengan peruntukannya, pabrikan mendesign tenda sedemikian rupa agar memuaskan customer-nya.

1. Dari kemudahan mendirikan tenda, terutama bagi solo hiker maka hal ini menjadi penting, biasanya tenda jenis DOME hanya diperlukan 2 frame penyangga untuk mendirikan tenda, yang mudah didirikan meskipun dilakukan oleh satu orang tanpa bantuan siapapun.

2. 50 cm bagian paling bawah inner layer terbuat dari bahan tahan angin, sehingga saat kita tidur terlindung dari hembusan angin.

3.  Jika memungkinkan pilihlah tenda yang menyediakan ruang diluar ruang utama untuk tidur, ini bisa dipergunakan untuk menaruh peralatan pendakian kita yang basah sehingga ruang utama untuk tidur tetap terjaga kering dan bersih sehingga nyaman untuk beristirahat, selain itu dalam keadaan hujan bisa digunakan untuk memasak.

Penting sekali untuk memilih tenda yang mempunyai kekuatan berdiri yang cukup tangguh melawan hempasan angin yang cukup besar, dengan memastikan frame tidak mudah patah, pasaknya cukup, dan tali penguatnya pada titik yang tepat, karena di ruang terbuka dan di atas gunung sering terjadi badai, yang berpotensi merusak acara yang sudah direncanakan dengan baik.

Maka bagi sobat alam, sebelum menetapkan pilihan sebaiknya pelajari dulu kharakteristik tenda yang akan dibeli, pastikan memenuhi sebagian besar aspek yang anda harapkan untuk memenuhi kebutuhan hobi anda. Dan bagi saya pribadi, yang melakukan pendakian dengan team 3 orang dengan frekuensi pendakian yang tidak terlalu sering, pilihan jatuh kepada Tenda NATURHIKE LAWU NH18ZP001. Tenda LAWU tersebut adalah tenda baru saya, yang dibeli dari GEBYAR BELANJA KEMERDEKAAN online shop "hikenrun" dengan discount 45% (harga sering menjadi faktor yang paling penting bagi banyak orang termasuk saya, faktor lainnya menjadi next consideration...he33x)

Dalam tulisan ini, informasi saya pelajari dengan melakukan googling pada berbagai laman yang terkait dengan topik, sehingga apabila terdapat kesalahan, mohon bagi yang lebih paham agar menuliskan koreksi dalam kolom komentar, dan yang paling penting semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi yang memerlukannya dan sebelumnya tidak mengetahui informasi tersebut.


0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut